Setelah mengetahui tentang Ruang Lingkup Proses Bisnis TI, hal selanjutnya yang perlu dipelajari adalah mengenai Proses Bisnis dan Perubahannya.
Pengertian Proses Bisnis
Proses Bisnis atau Business Process berisi kumpulan aktivitas yang saling berhubungan satu sama lain dan menghasilkan keluaran yang sesuai target dari perusahaan/organisasi
Keuntungan Proses Bisnis bagi Organisasi/Perusahaan
- Organisasi/Perusahaan lebih fokus pada kebutuhan customer.
- Organisasi/Perusahaan dapat mengontrol setiap perubahan yang terjadi
- Organisasi/Perusahaan mampu dengan cepat memperbaiki tingkat penggunaan sumber daya sehingga dapat menekan biaya pemakaian serendah mungkin.
- Organisasi/Perusahaan dapat memanajemen dengan baik proses-proses yang terjadi antar bagian yang ada.
- Organisasi/Perusahaan lebih mudah menemukan kesalahan dalam proses.
Tipe Pekerja
1. Pekerja Pengetahuan
Orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan formal pada tingkat universitas dan biasanya memiliki profesi khusus
Contoh:
- Dokter
- Insinyur
- Pengacara
- Ilmuwan
Tugas utama Pekerja Pengetahuan adalah menciptakan informasi dan pengetahuan baru
2. Pekerja Data
Orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan lebih rendah dari pekerja pengetahuan.
Contoh:
- Sekretaris
- Pencatat buku kas
Tugas utama Pekerja Data adalah mengolah data
Jenis Sistem Informasi
- Sistem Pemrosesan Transaksi
- Sistem Kerja Pengetahuan dan Sistem Kantor
- Sistem Informasi Manajemen
- Sistem Pendukung Keputusan
- Sistem Pendukung Eksekutif
Jenis Sistem berdasarkan Fungsional
1. Sistem penjualan dan pemasaran
Fungsi penjualan dan pemasaran:
- Bertanggung jawab dalam menjual produk atau layanan perusahaan.
- Mengidentifikasi pelanggan dengan produk/ layanan perusahaan.
- Mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan.
- Merencanakan dan mengembangkan produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan
2. Sistem produksi dan pabrikasi
Fungsi produksi dan pabrikasi:
- Bertanggung jawab dalam memproduksi barang-barang dan jasa.
3. Sistem keuangan dan akuntasi
Fungsi keungan dan akuntansi:
- Bertanggung jawab memelihara dan mengelola aset-aset keuangan perusahaan, mengelola modal perusahaan (misal: stok, kas, obligasi).
- Mengelola dan mencatat transaksi keuangan perusahaan (pemasukan, pengeluaran, gaji karyawan,dll).
4. Sistem sumber daya manusia
- Bertanggung jawab untuk merekrut, membina dan memberdayakan angkatan kerja perusahaan, mengelola data-data karyawan.
Perbedaan dari keempat sistem diatas dapat dilihat melalui contoh berikut:
Pabrikasi & produksi | Memasang produk Memeriksa kualitas Membuat tagihan material |
Penjualan & pemasaran | Mengidentifikasi pelanggan Membuat pelanggan memperhatikan produk Menjual produk |
Keuangan & akuntansi | Menerima piutang Membuat perkiraan keuangan Mengelola buku kas |
Sumber daya manusia | Mengontrak karyawan Mengevaluasi kerja karyawan Menyusun rancangan-rancangan untuk memberdayakan karyawan |
Sistem Enterprise
Sistem Enterprise / Enterprise System merupakan Suatu sistem yang mencakup seluruh bagian dari perusahaan (SDM, Peralatan, Data, Kebijakan dll) untuk menghasilkan sebuah produk atau pelayanan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.
Contoh Proses Bisnis yang didukung Sistem Enterprise
Pabrikasi & produksi | Manajemen inventori, pembelian, pengiriman, perencanaan produk, penjadwalan produksi, perencanaan pembelian material, dan perawatan alat-alat produksi |
Penjualan & pemasaran | Pemrosesan order, pemberian harga, pengiriman, penagihan, manajemen penjualan, dan perencanaan penjualan |
Keuangan & akuntansi | Hutang dagang, piutang dagang, buku kas umum, pengelolaan dan perkiraan kas, akuntansi beban produksi, akuntansi pusat-biaya,akuntansi aset, laporan keuangan. |
Sumber daya manusia | Administrasi personil karyawan, pengelolaan waktu, penggajian, pengembangan personil, perekrutan tenaga baru, laporan pengeluaran perjalanan. |