E-Business & E-Commerce

  • Bagikan

Setelah mengetahui tentang Analisis SWOT, hal selanjutnya yang perlu dipelajari adalah mengenai E-Business & E-commerce.

Era Digital

Sebelum membahas tentang E-business dan E-commerce, kita tahu bahwa era digital merupakan era dimana kita mengenal konsep “antara ada dan tiada” atau dapat dikatakan era yang menggunakan konsep “0” dan “1”.

Era digital sebenarnya sudah ada sejak awal abad ke-20. Era digital inilah yang melahirkan istilah “Dunia Maya”

Untuk membuktikannya, kita bisa tanyakan beberapa hal berikut:

  • Gurunya siapa dan nanyanya ke siapa saja ?
  • Teman2nya siapa saja dan dari mana saja ?
  • Relasi dan alamat yang dapat dihubungi apa saja ?dengan siapa saja ?
  • Belanjanya kemana saja ?
  • Kumpul dan ngobrolnya dimana dan dengan siapa saja?
  • Nontonnya apa saja, dengerin musiknya dari mana saja dan dengan piranti apa saja?
  • Surat2annya dengan apa dan sama siapa saja ?
  • Pendapatan dari mana saja dan bagaimana gaya hidupnya?
  • Pajang foto/tebar pesonanya dimana saja ?

Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat gambar di bawah ini yang menunjukkan statistik penggunaan waktu Generasi Milenial saat ini, Revolusi Komunikasi dan Perkembangan Ekonomi Digital

milenial
Generasi Millenial Menghabiskan Waktu
ekonomi digital
Ekonomi Digital
revolusi komunikasi
Revolusi Komunikasi

Internet

  • Suatu jaringan komputer global yang menghubungkan jaringan privat dan publik untuk berbagi informasi (antar lembaga pendidikan, penelitian, pemerintahan, bisnis, masyarakat umum).
  • Mulai digunakan untuk komersial sejak tahun 1995.
  • Dikenal sebagai basis (foundation) dari “New Digital Networked Economy”.
  • Karena sangat esensial, di Amerika Serikat banyak inisiatif yang dimotori oleh pemerintah untuk menjamin dominasi Amerika di bidang ekonomi baru ini.
  • Di negara lain, perkembangannya eksponensial

E-Bussiness

  • Penggunaan Teknologi Informasi khususnya teknologi jaringan dan komunikasi untuk meningkatkan cara organisasi melakukan seluruh proses bisnisnya/proses internalnya.
  • Merupakan interaksi bisnis dengan eksternal organisasi dengan memanfaatkan teknologi TI

E-Commerce

  • Merujuk pada pelaksanaan transaksi bisnis seperti pembelian dan penjualan secara elektronik.

Siklus Penerapan TI dalam Bisnis

  • Teknologi dipakai hanya sekadar untuk proses otomatisasi dalam pengolahan informasi.
  • Teknologi bergeser ke arah upaya membangun konfigurasi rantai bisnis yang terintegrasi.
  • Peran teknologi sudah secara nyata mempengaruhi perubahan model bisnis perusahaan

E-Business Application

ERP (Enterprise Resource Planning)

Sistem informasi pendukung e-business, yg menyediakan berbagai macam kebutuhan perusahaan seperti supply chain, CRM, marketing, warehouse, shipping, dan payment, serta mampu melakukan otomatisasi proses bisnis.

CRM (Customer Relationship management)

Sistem kustomisasi real time yang memanajemen kustomer dan melakukan personalisasi produk dan servis berdasarkan keinginan customer.

EAI (Enterprise Application Integration)

Merupakan konsep integrasi berbagai proses bisnis dengan memperbolehkan mereka saling bertukar data yang diambil dari model proses bisnis yang dikembangkan oleh pemakai.

SCM (Supply Chain Management)

Manajemen rantai supply secara otomatis terkomputerisasi.

ECS (Enterprise Collaboration Systems)

Support and enhance communication and collaboration among the teams and workgroups in an organization.

Quiz

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *