Analisis SWOT

Setelah mengetahui tentang Analisis Proses Bisnis, hal selanjutnya yang perlu dipelajari adalah mengenai Analisis SWOT.

Lingkungan Perusahaan

Sebuah perusahaan memiliki dua jenis lingkungan yaitu Lingkungan Internal dan Lingkungan Eksternal. Lingkungan Internal merupakan kondisi perusahaan yang dikategorikan dalam beberapa faktor, diantaranya:

  1. Keuangan dan Accounting
  2. Aspek Teknis dan Operasional
  3. SDM Struktur Organisasi dan Manajemen

Sedangkan lingkungan eksternal meliputi:

  1. Pihak kompetitor
  2. Supplier
  3. Teknologi
  4. Konsumen
  5. Lingkungan sosial politik dan peraturan pemerintah

Kedua lingkungan baik internal maupun eksternal dituntut untuk seimbang (balance) agar proses kinerha dan pengelolaan berjalan maksimal.

Proses Manajemen Strategis

proses manajemen strategis

Paling tidak terdapat 8 langkah dalam proses manajemen strategis dalam perusahaan:

  1. Identifikasi Misi dan Sasaran organisasi.
  2. Analisa Lingkungan Luar
  3. Identifikasi Peluang dan Ancaman
  4. Analisa Lingkungan Internal/Sumber Daya Organisasi
  5. Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan
  6. Merumuskan Strategi
  7. Melaksanakan Strategi
  8. Evaluasi Strategi

Pengertian Analisis SWOT

Menurut salah satu tokoh yaitu Tedjo Tripomol, Analisis SWOT merupakan penilaian atau assesment terhadap hasil identifikasi situasi, untuk menentukan suatu kondisi yang bisa dikategorikan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Dapat dikatakan Analisis SWOT layaknya proses identifikasi berbagai faktor internal dan eksternal perusahaan yang mempengaruhi potensi bisnis dan daya saing perusahaan secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan.

Selain itu Analisa SWOT juga digunakan sebagai alat Formulasi Strategi. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan Kekuatan (strengths) dan Peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dalam meminimalkan Kelemahan (Weakness) dan Ancaman (Threats).

  • Strenght: situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari organisasi atau program pada saat ini.
  • Weakness: situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan dari organisasi atau program saat ini.
  • Opportunity: situasi atau kondisi yang merupakan peluang di luar organisasi dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi di masa depan.
  • Threat: situasi yang merupakan ancaman bagi organisasi yg datang dari luar organisasi dan dapat mengancam eksistensi orgns di masa depan

Kenapa Harus Melakukan Analisis SWOT?

Lalu muncul pertanyaan kenapa perusahaan harus melakukan Analisis SWOT? Tidak lain karena kekuatan dan kelemahan menjadi faktor penting di perusahaan yang harus dievaluasi secara berkala. Selain itu peluang dan ancaman juga menjadi faktor lain di lingkungan perusahaan dan harus cepat diatasi.

Keuntungan Menggunakan Analisis SWOT

Beberapa keuntungan yang aakan didapatkan perusahaan ketika menggunakan Analisis SWOT dianataranya:

  1. Memungkinkan perusahaan mengambil keunggulan kesempatan dalam menghindari ancaman.
  2. Membuat perusahaan menekankan kekuatan dan melunakan atau mengeliminasi kelemahan dalam SDM dan organisasi.
  3. Menjadi dasar untuk menentukan corporate profile dimana perusahaan akan bersaing dalam suatu bisnis atau industri

Cara Membuat Analisis SWOT

Untuk melaksanakan analisis SWOT perlu beberapa cara yang harus dilakukan, antara lain:

  1. Pengumpulan data yang diperlukan. Metode TPD untuk kualitatif snowcard atau snowballing.
  2. Membuat Matrik IFAS (Internal Strategic Factors Analysis Summary) dan EFAS ( External Strategic Factors Analysis Summary).
  3. Membuat Matrik Interaksi SWOT atau TOWS

Ada delapan langkah yg terlibat dalam membuat matriks SWOT

  1. Tuliskan peluang eksternal kunci perusahaan
  2. Tuliskan ancaman eksternal kunci perusahaan.
  3. Tuliskan kekuatan internal kunci perusahaan.
  4. Tuliskan kelemahan internal kunci perusahaan.
  5. Cocokkan kekuatan internal dg peluang eksternal dan catat hasil strategi SO dlm sel yg ditentukan.
  6. Cocokkan kelemahan internal dg peluang eksternal dan catat hasil strategi WO.
  7. Cocokkan kekuatan internal dg ancaman eksternal dan catat hasil strategi ST dalam sel yg ditentukan.
  8. Cocokkan kelemahan internal dg ancaman eksternal dan catat hasil strategi WT dalam sel yg ditentukan.

Kekurangan Analisis SWOT

  1. Rentan terhadap penyalahgunaan dan analisa yg dangkal karena hanya menggunakan satu level analisis.
  2. Menghasilkan daftar yang panjang

Alternatif Strategi SWOT

  • SO : memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang. Strategi pertumbuhan agresif (dalam BCG, Star )
  • ST : meskipun menghadapi ancaman, tapi masih memiliki kekuatan secara internal. Strategi diversifikasi produk dan pasar
  • WO : memanfaatkan peluang dengan meminimalkan kelemahan.
  • WT : Meminimalkan kelemahan dan menghindari ancaman. Strategi defensif

matriks interaksi SWOT

Contoh Analisis SWOT

Silahkan download disini

Quiz

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *